Wow… Jok Motor Honda GL-100 Bisa Ngangkat Otomatis, Begini Modifikasinya

by
Agung bersama sepeda motor lawasnya, yang sudah dimodif padajok-nya. (FOTO; IRW)

GRESIK, FaktaNusantara.com – Sekilas tidak ada yang aneh dan biasa saja dengan performa modifikasi Honda GL 100 lawas keluaran tahun 1990-an ini. Namun, jika diteliti, ada yang berbeda pada jok sepeda motor milik Agung (30), warga Dusun Cungkling, Desa/Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik ini.

Jika umumnya, jok motor terbuka menyamping. Berbeda dengan jok motor Agung, yang dimodif bisa mengangkat ke atas, dengan pengendali kunci kontak motor.

Saking cintanya, Agung mengaku rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk memodif motor tuanya ini. Agar performa modifikasinya berbeda dengan motor lawas lain.

“Benar, kalau pada umumnya motor lawas lainnya memodifikasi pada dapur pacunya. Yakni mengganti spesifikasi mesin yang lebih tinggi, dan orisinal motor. Tapi untuk motor saya ini, saya bikin modifikasi unik, biar lain dari umumnya,” katanya, Jumat (11/5/2018).

Untuk dapur pacu, dirinya hanya mengganti piston milik Honda Tiger standar dan menancapkan Crane Case Mega Pro untuk Double Starter. “Yang lain masih orisinil,” imbuhnya.

Agung mempercayakan Kancil, sang mekanik yang berdomisili di Jalan Raya Wringinanom KM 33,5 untuk merombak motornya. Sehingga tampilannya bisa berbeda dengan motor butut yang lain.

Kepada FaktaNusantara.com, Kancil merinci perangkat yang dibutuhkan untuk modifikasi. “Kita butuh dua buah drolis kecil untuk piranti pengangkat jok. Satu set kunci kontak Mio Soul GT, kabel penghubung (seling) antara kontak dan jok. Pengunci jok milik motor bebek Kawasaki Kaze. Selanjutnya kita rangkai,” urainya.

Menurut Kancil, untuk pemasangannya sih mudah saja. Namun, yang bikin agak pusing, pada saat memotong plat penghubung antara bodi motor dan bodi jok, sebagai pengait. Sebab, saat memotong platnya tidak presisi, kemungkinan joknya tidak bisa naik. Meski bisa, pasti joknya miring, atau tidak sejajar dengan letak tangki motor.

Soal pengerjaan, Kancil mengatakan butuh waktu seminggu. Asalkan, material pendukungnya sudah ada. “Nggak lama-lama amat sih. Kurang lebih seminggu bisa kelar asal material pendukungnya sudah ada, dan tidak bolak-balik ke toko spare part untuk beli kekurangan perangkatnya,” pungkasnya. (irw/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *