Warga Keluhkan Jalan Rusak Akibat Aktifitas Transportasi Galian C di Kecamatan Bareng

by
Kondisi jalan rusak di Desa Ngrimbi yang diduga akibat aktifitas kendaraan yang mengangkut matrial galian C. (FOTO: ELO)

JOMBANG, FaktaNusantara.com – Banyaknya jalan yang kondisinya rusak di sepanjang jalan penghubung antar Desa di wilayah Kecamatan Bareng, Jombang Jawa Timur, dikeluhkan sejumlah warga setempat. Bahkan jalan yang juga menghubungkan antara kecamatan Bareng dengan Kecamatan Wonosalam tersebut juga dikeluhkan oleh Kepala Desa.

Diduga penyebab rusaknya jalan tersebut, akibat dari banyaknya kendaraan truk yang melintas dan mengangkut material hasil galian C. “Jalannya rusak, makanya kita jaga disini. Ya banyak truk yang keluar masuk disitu (lokasi galian C),” ujar Agus salah satu pemuda Desa setempat, Senin (30/4/2018).

Saat ditanya mengenai ada aktifitas apa saja di lokasi galian C, yang ada di Dusun Ngrimbi Templek, Desa Ngrimbi, pihaknya mengaku bahwa aktifitas dilokasi tersebut adalah lokasi pengolahan pasir, dan material lainnya. “Ya di situ buat pasir, batu (red : koral),” tegasnya.

Kondisi jalan yang rusak tersebut, lanjut Agus, pernah menyebabkan kejadian kecelakaan. “Kemarin ada truk guling mas, gara-gara jalannya rusak. Bisa dilihat bekas matrialnya tumpah ke tanaman tebu,” tukasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Desa Nglebak, Abu Asim, saat ditemui dikantornya pihaknya mengatakan bahwa bebarapa hari yang lalu ada seorang ibu-ibu yang sempat jatuh karena kondisi jalan disekitar area tersebut rusak.

“Ya memang itu bukan warga saya mas, tapi kemarin ada ibu-ibu yang sempat jatuh karena berpapasan dengan truk yang melintas di jalan yang rusak itu. Ibu yang menghindari jalan rusak hampir saja menabrak truk,” ungkap Abu.

Menurut Abu, banyak sebetulnya pengguna jalan khususnya wilayah sekitar Ngrimbi yang mengeluhkan rusaknya jalan tersebut. “Yang terganggu ya pengguna jalan dari Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam, terus Desa Pulosari, Desa Nglebak. Selain itu warga juga khawatir aktifitas galian C, bisa mengakibatkan longsor, karena lokasinya dekat dengan lokasi longsor yang dulu mas,” pungkasnya.

Sementara itu Kades Ngrimbi, Choiri saat dikonfirmasi di kantornya, mengenai adanya kerusakan jalan di wilayah tersebut apakah pihaknya sudah berkordinasi dengan Dinas terkait untuk melakukan perbaikan, pihaknya sedang tidak ada dikantor, dan saat dihubungi melalui sambungan telephone, phonselnya tidak aktif. (elo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *