Viral di Medsos, Yoga Bocah SD Sebatang Kara, Banjir Bantuan dari Dermawan

by
Pjs Bupati Jombang, Setiajit dan LSPT saat memberikan bantuan pada Yoga dan neneknya, Selasa (10/4/2018). (FOTO: ELO)

JOMBANG, FaktaNusantara.com – Ramai diberitakan sejumlah media, dan sempat viral di media sosial, kisah pilu Helmi Prayoga, seorang bocah kelas dua Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ngudirejo, yang tinggal di Mayangan, Jogoroto, Jombang, akhirnya mengetuk perhatian para dermawan untuk membantunya.

Bocah yang sejak kecil ditinggal Ayahnya meninggal, dan ibunya yang pergi entah kemana dan tidak ada kabarnya ini, harus merawat neneknya yang sedang sakit, sepulang dari sekolah.

Kisah Yoga, juga sempat menarik perhatian Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Jombang, Setiajit. Orang nomor satu di Pemkab Jombang tersebut, memberikan beasiswa pada Yoga, hingga lulus pendidikan SMA.

“Saya ini sangat bangga dengan Yoga, dia adalah anak yang soleh. Dan kami (Pemkab) berjanji untuk menyekolahkan Yoga. Nanti saya akan sampaikan pada Kadisdik dan Bu Camat sebagai saksinya, agar di-mainten (diurus) sekolahnya sampai selesai. Paling tidak, sampai SMA. Dan ini bagian dari tugas kami,” kata Setiajit, Selasa (10/4/2018).

Bahkan, untuk nenek Yoga, lanjut Setiajit, Pemkab Jombang akan memberikan bantuan berupa pengobatan gratis, agar penyakit yang dideritanya segera sembuh. “Neneknya sudah saya sampaikan ke Puskesmas juga, untuk di-mainten terus. Semuanya gratis, dan tidak ada persoalan,” tukas Setiajit.

Bukan hanya itu, sejumlah lembaga sosial dari pondok pesantren di Kota Santri, juga turut membantu Yoga dan neneknya, karena hal itu merupakan salah program sosial, paling utama di lembaga sosial tersebut.

“Yang jelas, kita sangat prihatin dengan kondisi ini, dan kami merasa sedih karena terlambat mendapat informasi terkait mbah dan cucunya ini. Yang jelas, kami berkomitmen karena ini masyarakat yang perlu mendapat bantuan dari kami, dan akan kami bantu secara rutin setiap bulannya, dengan program masyarakat miskin plus,” ujar M Rusdi, manager program Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT).

Menanggapi banyaknya perhatian masyarakat dan antusias kaum dermawan yang memberikan bantuan pada Yoga dan neneknya tersebut, tokoh masyarakat setempat berharap agar Ibu kandung Yoga, yang lama telah pergi meninggalkan Yoga sebatang kara, bisa cepat pulang ke rumah untuk merawat Yoga dan neneknya.

“Iya, ini kan beritanya kan sudah meluas, dan saya harap Ria, ibu Yoga bisa segera pulang,” pungkas Dawam, Ketua RT setempat. (elo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *