Tradisi Unik, Pererat Silaturahmi Idul Fitri dengan Turnamen Sepakbola

by
Pembukaan Turnamen Kades Cup Desa Lebakgoah, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. (FOTO: DAR)

TEGAL, FaktaNusantara.com – Lain ladang lain belalang. Mungkin itulah peribahasa yang cocok ditujukan untuk Desa Lebakgoah, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Di desa ini, ternyata punya cara tersendiri untuk mempererat tali silaturahmi dalam Idul Fitri, yakni dengan menyelenggarakan turnamen sepakbola antar Rukun Warga (RW) di desa tersebut.

Acara turnamen sepakbola yang dibuka pada Minggu (17/6/2018) di lapangan desa setempat, dihadiri Kepala Desa (Kades) Lebakgoah, Amirudin, Ketua Badan Permusyaratan Desa (BPD) Roid, segenap panitia turnamen. Salah seorang anggota DPR RI, Bahrudin Nasori, yang kebetulan tempat tinggalnya tidak jauh dari lokasi turnamen, juga tampak hadir.

Menurut Ketua Panitia Turnamen, Sofan, Lebaran 2018, merupakan tahun ke-5 penyelenggaraan turnamen sepakbola antar RW. “Setiap Idul Fitri, di Desa Lebakgoah selalu menyelenggarkan acara seperti ini, yang tidak lain tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi antar warga,” kata Sofan dalam sambutannya pada pembukaan Turnamen Sepak Bola bertajuk Kades Cup tersebut.

Acara yang diikuti 13 tim kesebelasan tersebut memperebutkan piala bergilir Kades Cup, dan diijadwalkan acara akan berakhir dalam satu minggu.

Ketua BPD Desa Lebakgoah, yang juga panitia turnamen, Roid, kepada FaktaNusantara.com menyampaikan, ide awal diadakannya tradisi ini, berawal dari keinginan Pemerintah Desa (Pemdes), agar ada ajang silaturahmi antara para perantau yang pulang saat Idul Fitri dengan warga masyarakat melalui kegiatan positif yaitu turnamen sepakbola yang diadakan setiap bulan Syawal.

Soal pendanaan acara turnamen, kata dia, diperoleh secara swadaya dengan memungut biaya pendaftaran pada tiap tim kesebelasan yang mendaftar. Disamping itu, ada juga sumbangan dari warga yang peduli pada acara tersebut. (darojat/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *