Sempat Berhenti Lama, Kepala Desa Grobogan Akhirnya Ditahan Polisi

by
Ilustrasi

JOMBANG, FaktaNusantara.com – Sempat lama terhenti, akhirnya kasus dugaan korupsi yang menjerat Agus Hadi Cahyono (49), Kades Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, kini memasuki babak baru. Pasalnya, Kades tersebut kini ditahan oleh pihak Polres Jombang.

“Kades Grobokam sudah ditahan, mulai hari Jumat kemarin,” kata AKP Gatot Setya Budi, Kasat Reskrim Polres Jombang, saat dikonfrimasi melalui aplikasi WhatsApp (WA), Minggu (8/4/2018).

Meski berkas sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang, dan disertai petunjuk dari pihak jaksa, saat ini penyidik dari Satreskrim akan melengkapi berkas tersebut, untuk kembali dilimpahkan ke Kejaksaan. “Nanti Senin, kita tahap dua,” papar AKP Gatot.

Diberitakan sebelumnya, adanya polemik pendirian pabrik Aqua di Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Jombang, menyeret banyak pihak, diantaranya Taufik (45), Kepala Dusun Kolondono, yang sudah ditahan oleh Satreskrim Polres Jombang, karena penggelapan dokumen persyaratan pengajuan izin perusahaan.

Tak lama kemudian, Agus yang menjabat sebagai Kepala Desa juga ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Jombang. Kades Grobogan ini disangka melakukan tindak pidana korupsi terkait proses jual beli tanah warga kepada PT Tirta Investama 2014 silam.

Kepala Desa tersebut, menerima uang mencapai Rp 450 juta yang diserahkan pihak pengembang, dan polisi mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 55 juta, berikut satu unit sepeda motor Yamaha Vixion.

Kades Agus, terancam hukuman minimal 1 tahun maksimal 5 tahun, pasal 12 huruf e minimal 4 tahun, maksimal 20 tahun penjara. (elo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *