Selama 3 Bulan, Dinkes Kabupaten Madiun Temukan 17 Kasus Baru Penderita HIV/AIDS

by
Agung Tri Widodo, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Upaya Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Madiun. (FOTO: S.RUD)

MADIUN, FaktaNusantara.com – Dalam durasi 3 bulan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menemukan 17 kasus baru penderita HIV/AIDS yang tersebar di sejumlah wilayah Kabupaten Madiun.

Ini seperti diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Upaya Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Madiun, Agung Tri Widodo, dalam rilisnya di RM Penyetan Jalan Soetomo Kota Madiun. Munurutnya, penemuan 17 kasus baru penderita HIV/AIDS itu diantara bulan Januari hingga April 2018.

“Awal tahun 2018, tercatat sudah 17 kasus temuan HIV/AIDS. Ini tersebar seperti di Pasar Muneng, Bypas Pajaran Wilangan, Belakang Pos Giro Jiwan, dan kafe lainnya di Kabupaten Madiun,” ujar Agung Tri Widodo, Selasa (17/4/2018).

Selain itu, Agung juga mengatakan, jika di Kabupaten Madiun, diduga ada suspect difteri tahun 2018. Ini diktahui dari gejala yang ada. Diantaranya flu, demam, radang tenggorokan, dan ada selaput putih di rongga mulut bagian atas.

Namun, penderita yang terkena penyakit suspect difteri setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada penderita di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, dinyatakan negatif.

“Awalnya, gejalanya mengarah ke Difteri. Namun, setelah diperiksa lebih lanjut di BBLK Surabaya, penderita yang diduga suspect difteri dinyatakan negatif difteri,” ungkapnya. (s.rud/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *