Sambangi Anak Asuhnya, Begini Pesan Kapolsek Prambon Sidoarjo

by
Kapolsek Prambon, AKP Isharyata dicium tanganya oleh Angelina Suhartini (12), saat menyambangi anak asuhnya di rumah warga yang ditumpangi Angel. (FOTO: IRW)

SIDOARJO, FaktaNusantara.com – Angelina Suhartini, bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar ini, tampak sumringah, begitu Kapolsek Prambon, Sidoarjo, AKP Isharyata, menyambangi di rumah tetangga yang kini menjadi tempat tinggalnya, di Dusun Sekelor Lor, Desa Watutulis, Kecamatan Prambon, Selasa (12/6/2018), siang.

Tak hanya datang dengan tangan kosong. Kapolsek Isharyata, juga memberikan bingkisan lebaran, mie instan, serta amplop berisi uang kepada Angel, begitu gadis cilik 12 Tahun ini biasa disapa. Sambil mengulurkan tangan, Kapolsek berpesan, agar Angel giat belajar.

“Sekolah yang pinter ya nak, giat belajar supaya jadi anak yang pandai. Ini sedikit bantuan dari rekan-rekan Polsek, agar dimanfaatkan dengan baik, dan bisa bermanfaat,” pesan AKP Isharyata pada Anggel

Kapolsek mengatakan, pemberian santunan kepada Angel, tidak hanya jelang Lebaran saja. Namun, setiap bulan pihaknya mengumpulkan sumbangan seikhlasnya dari 36 personil Polsek Prambon. Setelah terkumpul, baru diserahkan kepada Angel, lewat Bhabinkamtibmas desa setempat.

“Sekedar bantuan kepada Angel. Tiap bulan kita bersama anggota Polsek menyisihkan rezekinya, untuk diberikan kepada Angel. Ya semoga bermanfaat dan barokah,” ungkapnya.

Lantas, apa penyebab gadis cilik ini, hingga menjadi perhatian khusus Polsek Prambon. “Sebenarnya, kita tidak ingin bercerita panjang kenapa kita memberikan bantuan kepada Angel. Sebab, kita tidak ingin Angel syok, dan teringat masa kelam yang pernah dialaminya. Ya, karena kini, Angel sudah berusia 12 Tahun, dan sudah bisa baca berita di media online,” ungkap Kapolsek bernada sedih.

Meski dengan berat hati, AKP Isharyata akhirnya bersedia bercerita kepada FaktaNusantara.com, meski sekelumit saja. Dulu, cerita Kapolsek, saat itu Angel masih berusia 3 tahun. Ia harus rela kehilangan Kemina (68), neneknya yang selama ini mengasuhnya.

“Nenek Kemina, meninggal akibat kebakaran hebat yang membakar habis rumahnya. Hanya Angelina Suhartini, yang saat itu berusia 3 tahun, selamat dari maut,” ungkap Kapolsek.

Sejak ditinggal neneknya untuk selamanya itulah, Angel hidup sebatangkara karena tak ada lagi yang mengasuhnya. Hingga kemudian, tetangga Angel siap menampung dan merawatnya.

Nasib tragis yang menimpa gadis mungil ini, membuat Polsek Prambon menaruh iba. Hingga selang beberapa waktu setelah peristiwa itu, Polsek Prambon diberi mandat oleh Kapolresta Sidoarjo, untuk menjadi anak asuhnya, dan membantu kelangsungan hidup serta pendidikan Angel.

“Benar, kita diberi mandat oleh Kapolresta untuk membantu Angel untuk bisa mengenyam pendidikan. Nah, Polsek Prambon sangat bersedia membantunya sampai Angel lulus SMA. Selain itu, kita memberi santunan tiap bulan untuk biaya hidup sehari-hari, agar tidak ngerepoti tetangganya yang sudah memberi tumpangan tinggal,” kata AKP Isharyata. (irw/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *