Rem Blong, Truk Tronton Pilih Hantam Pohon, Begini Kronologinya

by
Truk mengalami ringsek, setelah menghantam pohon, karena rem blong. (FOTO: MOJO)

PROBOLINGGO, FaktaNusantara.com – Akibat rem blong, truk tronton bernopol W 8216 UP yang dikemudikan Salehudin (50), warga Desa/Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menghantam pohon di pinggir jalan.

Hanya saja, kecelakaan tinggal tersebut tidak merenggut nyawa. Meski bagian sisi kiri pengemudi remuk, tidak ada yang cedera. Mengingat, Salehudin menjalankan kendaraannya sendirian alias tanpa kernet.

Kecelakaan tunggal tersebut terjadi Selasa (1/5/2018) sekitar pukul 13.00 WIB di traffic light simpang empat Randupangger, Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Menurut Saleh, begitu biasa dipanggil, dirinya hendak ke Desa Patalan untuk mengangkut tanah urug. Begitu tiba di timur lampu merah, ia melambatkan laju kendaraannya. Karena laju kendaraannya masih cepat, ia menginjak pedal rem.

Mengetahui remnya tidak berfungsi, Saleh banting kiri dan menghantamkan kendaraan dump truknya ke sebatang pohon. Meski bagian kiri kabin kendaraannya ringsek, namun kendaraannya bisa dihentikan.

“Daripada menghantam kendaraan dan pengendara yang berhenti karena lampu merah, mending saya tabrakkan ke pohon. Kalau tidak banting kiri, pasti banyak korbannya,” katanya.

Bunyi keras tabrakan tersebut sempat bikin kaget pengendara yang menunggu lampu hijau. Merekapun tancap gas melihat ada dump truk menghantam pohon. Disebutkan, dari Gending kendaraan yang dikendarai berjalan normal dan remnya masih berfungsi.

Akibatnya, bagian depan truk sisi kiri remuk, termasuk kaca depan pecah dan kayu yang dihantamnya miring, sebagian batangnya ada yang patah. “Enggak masalah, yang penting tidak menabrak kendaraan lain,” pungkasnya. (mojo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *