Rekap Suara di Kota Kediri, Paslon Abu Bakar – Lilik, Unggul

by
Paslon Walikota dan Wakil Walikota Kediri, saat pengambilan nomor urut.

KEDIRI, FaktaNusantara.com – Pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Kediri, nomor urut 2, Abdullah Abu Bakar dan Lilik Muhibbah, dinyatakan unggul. Pernyataan ini, diketahui dalam rekapitulasi suara manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri.

“Kami telah selesai untuk proses rekapitulasi manualnya, dan yang memperoleh suara terbanyak adalah Paslon nomor urut 2 (Abdullah Abu Bakar-Lilik Muhibbah),” kata Agus Rofik, Ketua KPU Kota Kediri, Kamis (5/7/2018).

Dari hasil rekapitulasi manual, untuk 3 Kecamatan di wilayah Kota Kediri, pasangan Mas Abu – Ning Lik, sapaan arakb keduanya, mendapatkan 85.528 suara. Sedangkan urutan kedua, diraih Paslon nomor urut 3 yakni Samsul Ashar dengan Teguh Junaidi yang mendapatkan 32.749 suara. Sementara perolehan suara paling buncit, yakni Paslon nomor urut 1, Aizzudin-Sudjono Teguh Widjaja, dengan 29.839 suara.

Di Kota Kediri, keseluruhan suara yang sah sebanyak 148.116 suara. Sementara suara tidak sah sebanyak 7.805 suara. Total suara yang masuk, sejumlah 155.921 suara.

Agus Rofik juga mengapresiasi, pelaksanaan Pilkada juga telah berjalan dengan tertib dan lancar. Terlebih lagi, tingkat partisipasi pemilih di Kota Kediri cukup tinggi. Masyarakat juga antusias saat proses pemberian hak suara, di Pilkada yang digelar serentak pada Rabu, 27 Juli 2018.

Menurutnya, dalam proses rekapitulasi manual yang dilakukan di kantor KPU Kota Kediri, tidak ada yang mengajukan keberatan. Semua saksi dari Paslon bersedia memberikan tanda tangan sebagai tanda bukti, bahwa mereka juga tidak keberatan dengan hasil rekapitulasi tersebut. “Saksi dari semua pasangan calon juga setuju,” katanya.

KPU, lanjut Agus Rofik, juga masih menunggu selama tiga hari terhitung sejak hari penetapan hasil proses rekapitulasi Pilkada, apakah ada calon yang mengajukan gugatan atau tidak. Namun, untuk penetapan hasil pemenang Pilkada, masih menunggu dari KPU RI, mengingat Pilkada
ini diselenggarakan secara serentak.

Pihanya mengaku bersyukur, proses Pilkada berlangsung dengan lancar. Seluruh petugas PPK hingga KPPS di Kota Kediri telah melakukan tugasnya dengan baik. Bahkan, tidak ada kejadian harus pemungutan ulang surat suara.

Sebagai informasi, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kota Kediri sebanyak 199.271 orang pemilih. Hak pilih mereka, disalurkan di 485 tempat pemungutan suara (TPS) di tiga kecamatan, yaitu Kota, Pesantren, dan Mojoroto.

Sementara itu, acara rekapitulasi manual itu, dihadiri seluruh jajaran KPU Kota Kediri, PPK, Panwas, Kepolisian, dan tamu undangan lainnya. (an/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *