Puluhan Pelajar Bertumbangan saat Upacara Hardiknas di Jombang

by
Peserta upacara Hardiknas di Alun-alun Jombang yang jatuh pingsan, Rabu (2/5/2018). (FOTO: ELO)

JOMBANG, FaktaNusantara.com – Puluhan pelajar jatuh pingsan saat mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-alun Jombang, Rabu (2/5/2018) pagi. Satu persatu pelajar yang pingsan akibat kepanasan ini dievakuasi menggunakan tandu oleh tim kesehatan yang sudah bersiaga di lokasi upacara tersebut.

Pelajar yang pingsan dievakuasi ke pinggir lapangan untuk diberi pertolongan. Namun, saat satu korban masih dievakuasi, pelajar lainnya ganti menyusul dan ikut bertumbangan. Kondisi ini membuat petugas kewalahan.

Novi salah seorang pelajar, yang mengikuti upacara tersebut mengaku, bahwa kondisi fisiknya lemah akibat belum makan pagi alias sarapan. Selain itu, faktor cuaca juga menjadi penyebab ia jatuh pingsan.

“Belum sarapan pagi tadi, sebelum mengikuti upacara. Kondisi cuaca juga panas,” ujar Novi, Rabu (2/5/2018).

Sementara itu, menurut Agus, petugas kesehatan di lokasi, membenarkan bahwa faktor penyebab pingsannya peserta upacara ini, dikarenakan kondisi fisik yang lemah sekaligus cuaca yang cukup ekstrim.

“Banyak yang belum sarapan, juga faktor cuaca yang panas. Namun setelah dilakukan pertolongan, semuanya baik-baik saja,” paparnya.

Meski banyak pelajar yang pingsan, namun pelaksanaan upacara peringatan Hardiknas yang dipimpin langsung oleh Pjs Bupati Jombang, Setiajit ini, berlangsung lancar. Dan sejumlah pelajar yang pingsan tak lama kemudian, pulih. (elo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *