Polisi Tangkap 7 Pengedar dan Pemakai Sabu, Siapa Saja?

by
Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal, saat merilis tersangka beserta barang bukti di Mapolres setempat. (FOTO: MOJO)

PROBOLINGGO, FaktaNusantara.com – Satresnarkoba Polres Probolinggo Kota, mengamankan 7 pengedar dan pemakai Sabu. Ketujuh orang yang beda domisili tersebut, ditangkap di tempat dan waktu berbeda. Rabu (3/4/2018) pukul 09.00 WIB, kasus mereka dirilis oleh Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal.

Disebutkan, tersangka pertama adalah Andriono (41) warga Jalan KH Hasan Genggong Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Ia ditangkap petugas pada Minggu (7/1/2018) pukul 02.00 WIB lalu di jalan Mastrip. Barang bukti yang diamankan, satu klip kecil yang didalamnya berisi Sabu seberat 0,18 gram dan sebuah handphone.

Rizqaf Al Hasni (36) Jalan Kauman Gang Niaga Kelurahan Lawang, Kabupaten Lawang, Kabupaten Malang. Achmad Safak (36) warga jalan Dorowati Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Lawang, dan Didik Whananto (39) Dusun Kemantren Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Serta Didik Wahananto (39) warga Dusun Kemantren, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Mereka ditangkap pada Kamis (25/1/2018) pukul 00.20 WIB di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan.

Barang bukti yang diamankan, 3 buah klip yang berisi Sabu 0,35 gram, satu klip yang berisi sisa shabu, satu tas hitam, sebuah bong, sedotan, Pipet, sedotan, almunium foil dan 2 HP. Mereka ditangkap atas informasi dari masyarakat yang menyebut pada Kamis dini hari ada transaksi narkotika di SPBU jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan. “Keduanya kami amankan di SPBU baru itu. Mereka dapat sabu dari Didik Wahamanto,” ujar Kapolresta.

Esok harinya, yakni Jumat (26/1), petugas memburu Didik dan sekitar pukul 20.00 WIB di jalan Purwosari Kabupaten Pasuruan, dan Didik disergap. Setelah digeledah, ditemukan sebuah plastik klip kecil berisi sisa shabu di dalam saku celana kanan. Kemudian oleh petugas, tersangka dibawa ke Polresta untuk dimintai keterangan, berikut barang buktinya guna penyelidikan lebih lanjut.

Tersangka selanjutnya, Supriyanti (25) Warga Dusun Tegal Juwet, Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegal Siwalan, Kabupaten Probolinggo. Murkam (48) warga jalan Amir Hamzah Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih. Keduanya ditangkap pada Kamis (15/3) sekitar pukul 22.00 WIB di Perumahan Griya Grand Citarum, Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran. Barang bukti yang diamankan, 2 klip yang berisi shabu seberat 0,36 dan 0,342, sebuah handphone, sebuah bong, pipet, sebuah skrop dari sedotan warna putih dan satu korek api.

Menurut Kapolresta, kedua tersangka ditangkap atas informasi masyarakat yang menyebut, kalau di perumahan Griya Grand Citarum pada Kamis (15/3) malam, ada transaksi narkoba. Keduanya berhasil disergap dan mengaku mendapat barang dari Murkam. Pria yang tinggal di Jalan Amir Hamzah, Kelurtahan Kedungasem, Kecamatan ini, pada Jumat esok harinya, berhasil ditangkap di rumahnya. Yang diamankan, satu plastik kecil berisi Sabu di dalam saku celana kanan.

Tersangka mengaku mendapatkan Sabu dari Murkam dan pada Jumat (16/3) sekitar pukul 02.00 WIB. Setelah digledah badannya, petugas menemukan sebuah handphone. “Langsung diamankan di Mapolresta. Mereka kami jerat pasal 112 ayat Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Tersangka juga kami jerat pasal 114 ayat 1 undang-undang yang sama. Ancamannya 10 tahun keatas dan denda Rp 1 sampai Rp 1,5 miliar,” pungkas AKBP Alfian Nurrizal. (mojo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *