Pj Bupati Nganjuk: Pancasila Sebagai Alat Pemersatu Perbedaan

by
Pemkab Nganjuk saat melaksanakan upacara di Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/6/2018). (FOTO: SIS)

NGANJUK, FaktaNusantara.com – Hari Lahir Pancasila, sebagai dasar negara Republik Indonesia, pada 1 Juni, diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk, dengan upacara, Jumat (1/6/2018) pagi, di halaman Pendopo Kabupaten Nganjuk.

Upacara dengan inspektur Pj Bupati Nganjuk, Drs Sudjono tersebut, tampak dihadiri Dandim 0810/Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono beserta jajarannya, Ketua DPRD Nganjuk Puji Santoso, jajaran Polres Nganjuk, Kepala Dinas Instansi, dan undangan lainnya.

Dalam pidatonya, Pj Bupati Nganjuk Sudjono menjelaskan, Pancasila telah menjadi bintang komando untuk rakyat Indonesia. Tidak lama lagi, bangsa ini akan merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 73. “Sudah 73 tahun pula, Pancasila menjadi bintang komando bangsa Indonesia,” ujar Pj Bupati Sudjono saat menjadi Irup.

Dikisahkan, awal perjuangan Pancasila sampai dikukuhkannya sebagai dasar negara tercinta ini, merupakan hasil pemikiran berbagai kelompok dan golongan, dan bersama-sama menetapkan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa.

“Para pendiri negara dan berbagai kelompok, golongan dengan latar belakang masing-masing, duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai alat pemersatu segala perbedaan,” tuturnya.

Sudjono menegaskan, sebagai rakyat Indonesia, wajib untuk terus memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini berguna untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar, dan bangsa pemimpin, demi cita-cita Republik ini.

Diakhir pidatonya, Pj Bupati Sudjono memberikan apresiasi kepada seluruh peserta, undangan dan petugas upacara, yang telah membantu dan melancarkan jalannya upacara bendera di Hari Lahirnya Pancasila.

“Kami sampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang hadir serta petugas upacara,” ungkap Pj Bupati Sudjono. (sis/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *