Pilbup Madiun 2018; Berangkat dari Jalur Parpol, Tiga Bakal Paslon Siap Bertarung

by
Ketua KPU Kabupaten Madiun, saat diwawancarai.

MADIUN, FaktaNusantara.com – Tiga pasangan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Madiun, siap bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018. Tiga pasangan calon tersebut semuanya berasal dari jalur partai politik.

Pasangan bakal Cabup-Cawabup, Ahmad Dawani – Hari Wuryadi, langsung mendaftarkan diri di hari pertama pendaftaran dibuka oleh KPU setempat pada Senin (8/1/2018). Pasangan yang berjuluk Berkah ini diusung 4 koalisi partai politik (Parpol) yakni Partai Demokrat (6 kursi), Partai Golkar (5 kursi), Partai Hanura (2 kursi), dan PKPI (2 kursi). Dari koalisi ini, pasangan Berkah memiliki total 13 kursi di DPRD Kabupaten Madiun.

Disusul pasangan Rio Wing Dinaryhadi – Sukiman, yang mendaftar pada hari terakhir dari jadwal pendaftaran, yakni Rabu (10/1/2018) sekitar pukul 13.00 WIB. Paslon Rio – Sukiman ini diusung Partai Gerindra, PKS, dan PPP. Dari koalisi tersebut memiliki 9 kursi di DPRD dengan rincian Gerindra 4 kursi, PKS 3 kursi, dan PPP 2 kursi.

Pasangan bakal paslon ketiga, Djoko Setijono – Suprapto (DjosTo), datang sebagai pendaftar terakhir ke KPU Kabupaten Madiun. Paslon ini diusung koalisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dengan total 21 kursi di DPRD Kabupaten Madiun. Masing-masing PKB 13 kursi, dan PDIP memiliki 8 kursi.

Ketua KPU Kabupaten Madiun, Wahyudi mengatakan, jika berkas pendaftaran ketiga bakal paasangan calon sudah diterimanya. “Pertama, paslon Ahmad Dawani- Hari Wuryadi. Kedua, Rio Wing Dinaryhadi dengan Sukiman, dan ketiga Djoko Setijono berpasangan dengan Suprapto. Ketiga paslon sudah memenuhi syarat pencalonan,” ujarnya

Tahapan selanjutnya, lanjutnya, ketiga bakal paslon tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Surabaya pada tanggal 11/1/2018. Dilanjutkan pemeriksaan berkas dan perbaikan berkas pada tanggal 16/1/2018.

“Selanjutnya, penetapan pasangan calon pada 12 Februari 2018. Kemudian, tanggal 13 Februari 2018 pengudian nomor urut,” pungkas Wahyudi. (s.rud/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *