Perlunya Peningkatan Kesadaran Masyarakat Membayar Pajak untuk Pembanguan Nasional

by

Oleh : Nurul Ani Fauziah
(Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Program Studi Ilmu Administrasi Negara)

Kesadaran dan kepedulian sukarela dari wajib pajak sangat sulit untuk diwujudkan. Masyarakat dituntut untuk melaksanakan kewajiban kenegaraan dengan membayar pajak secara sukarela dan penuh kesadaran sebagai aktualisasi semangat gotong-royong atau solidaritas nasional untuk membangun perekonomian nasional.

Sampai sekarang kesadaran masyarakat membayar pajak masih belum mencapai tingkat sebagaimana yang diharapkan. Umumnya, masyarakat masih sinis dan kurang percaya terhadap keberadaan pajak. Karena masih merasa sama dengan upeti, memberatkan, pembayarannya sering mengalami kesulitan, ketidak-mengertian masyarakat apa dan bagaimana pajak, serta ribet menghitung dan melaporkannya.

Kesadaran membayar pajak ini tidak hanya memunculkan sikap patuh, taat, dan disiplin semata, tetapi diikuti sikap kritis juga. Semakin maju masyarakat dan pemerintahannya, maka semakin tinggi kesadaran membayar pajaknya.

Namun tidak hanya berhenti sampai disitu, justru mereka semakin kritis dalam menyikapi masalah perpajakan, terutama terhadap materi kebijakan di bidang perpajakannya. Misalnya penerapan tarifnya, mekanisme pengenaan pajaknya, regulasinya, benturan praktek di lapangan dan perluasan subjek dan objeknya.

Dari segi infrastruktur pun, ada banyak proyek yang sedang dikejar pemerintah Indonesia, dan pajak yang kita bayarkan bersumbangsih untuk pembangunan tersebut, antara lain proyek jalan tol, proyek pelabuhan, proyek bandara, proyek waduk atau bendungan, proyek jalur kereta, dana desa, dan lain-lain.

Disinilah peran serta seluruh warga negara untuk turut serta dalam membangun bangsa. Warga negara dalam peran sertanya dalam pembangunan dapat dibedakan menjadi 2, yaitu warga negara yang turut berkontribusi dengan membayar pajak dengan benar, dan free rider (orang yang menikmati berbagai fasilitas/pelayanan umum tanpa berkontribusi melalui pembayaran pajak). Pajak yang dibayarkan oleh masyarakat merupakan kontribusi dan peran kita sebagai warga negara yang baik dalam mendukung kemajuan dan kemandirian bangsa. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *