Percepat Perijinan, Pemkab Madiun Bentuk Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha

by
Wabup Madiun, Iswanto saat kegiatan pembentukan Satgas Per

MADIUN, FaktaNusantara.com – Pengurusan perijinan yang dianggap rumit, rupanya tidak akan terjadi lagi di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Ini menyusul dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Pemkab Madiun melalui Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP).

Menurut Wakil Bupati Madiun, Iswanto, pembentukan Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha ini berdasarkan amanat Peraturan Presiden (Perpres) No 91 Tahun 2017. Disitu, terdapat pelayanan dengan sistem online berupa OSS (online single submission), yang diharapkan bisa mempercepat dan mempermudah perijinan.

“Dasar kebijakan tersebut, pertama yaitu pembentukan satgas percepatan pelaksana berusaha di Kabupaten Madiun, yang tugas dan fungsi Satgas ini, bagaimana kedepan mampu meningkatkan nilai investasi. Sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan peningkatan peluang untuk tenaga kerja,” kata Wabup Iswanto, saat memberi pengarahan terkait kebijakan ini, Selasa (24/4/2018) di Gedung Graha Eka Kapti Puspem Mejayan.

Menurutnya, beberapa permasalahan perijinan di Kabupaten Madiun diantaranya, penyusunan dokumen Andalin, penyusunan dokumen UKL-UPL, rekomendasi terkait tata ruang, rekomondasi terkait LP2B, rekomendasi terkait Siteplan.

“Dengan adanya satgas percepatan berusaha, diharapkan masalah terjadi bisa diselesaikan melalui sinergitas antar perangkat daerah yang terkait dalam sistem OSS (online single submission),” ungkapnya.

Sekedar informasi, rapat percepatan pelaksana berusaha ini diikuti seluruh Kepala OPD dan didampingi kepala bidang masing-masing. (s.rud/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *