Pendamping Lokal Desa Diminta Fasilitasi Perencanaan Pembangunan Desa

by
Tenaga Ahli (TA) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tegal, Hendri Agus Supriyanto, dalam sebuah rapat koordinasi pendamping desa, Sabtu (30/6/2018).

TEGAL, FaktaNusantara.com – Dalam kalender pembangunan, Juni hingga Desember merupakan tahapan pertencanaan pembangunan desa. Karena itu, para Pendamping Lokal Desa (PLD) supaya memfasilitasi desa dalam proses perencanaan tersebut. Diantaranya, adalah kegiatan musyawarah desa (Musdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), yang akan dituangkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2019.

Demikian ini disampaikan Koordinator Tenaga Ahli (TA) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Tegal, Hendri Agus Supriyanto, dalam sebuah rapat koordinasi pendamping desa, Sabtu (30/6/2018).

Rapat koordinasi ini, berlangsung di ruang terbuka di sebuah kawasan obyek wisata Waduk Cacaban, Kabupaten Tegal.

Lebih lanjut, Hendri Agus Supriyanto mengatakan, desa perlu terus difasilitasi agar proses tahapan pembangunan, seperti penyusunan RKPDes bisa berjalan sesuai jadwal, sehingga tidak molor waktunya. PLD supaya mengambil peran tersebut, dengan lebih dulu menghubungi pihak-pihak di desa, seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, dan pihak pemerintah desa, guna membicarakan pentingnya perencanaan pembangunan di desa.

Dalam rapat tersebut, juga disampaikan, progres serapan dana desa (DD) tahap pertama oleh desa-desa di Kabupaten Tegal. Di satu sisi, ada sebagian kecil desa yang masih dalam proses pengajuan pencairan dana desa tahap satu. Namun, di sisi lain, justru ada desa yang sudah mulai proses pengajuan dana desa (DD) tahap dua.

“Karenanya, ditekankan fasilitasi dari pendampingan desa sangat diperlukan dalam proses pembangunan di desa,” kata Hendri Agus. (darojat/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *