Pendamping Desa Kembali Ingatkan, Kades Jangan Main-main dengan Dana Desa

by
Iman Fikriyani, pendamping desa, rapat koordinasi persiapan pencairan DD tahun 2018, di Gedung Pertemuan Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Selasa (8/5/2018). (FOTO: DAR)

TEGAL, FaktaNusantara.com – Agar tidak berurusan dengan hukum, sebaiknya Kepala Desa (Kades) tidak main-main dengan Dana Desa (DD). Dana desa itu banyak pihak yang mengawasi, baik dari kepolisian maupun masyarakat.

Hal itu disampaikan Pendamping Desa (PD) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Iman Fikriyani di hadapan Kades dan Sekretaris Desa (Sekde) se-Kecamatan Pagerbarang, pada rapat koordinasi persiapan pencairan DD tahun 2018, di Gedung Pertemuan Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (8/5/2018).

Dalam rapat yang dihadiri Camat Pagerbarang, Zamzami, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa, M Fajar, serta Pendamping Lokal Desa, Iman Fikriyani tak bosan-bosannya menyampaikan hal tersebut, agar desa lebih hati-hati dalam mengelola dana desa.

Soal persiapan pencairan dana desa, Iman menjelaskan beberapa syarat yang harus desa penuhi, seperti menyerahkan copy-an SPJ Dana Desa tahun 2017 lengkap dengan bukti setor pajak kegiatan, jadwal pelaksanaan kegiatan, Surat Pernyataan Kesanggupan Menyelesaikan Pekerjaan, dokumen pengadaan barang dan jasa sesuai Peraturan Bupati Tegal Nomor 68 Tahun 2014.

Selain itu, mengingat penggunaan Dana Desa 2018 minimal 30 persen untuk kebutuhan tenaga kerja berbasis Padat Karya Tunai (PKT), maka pihak desa juga harus mempersiapkan daftar rencana pekerja.

Iman juga menegaskan, pelaksanaan kegiatan dana desa menggunakan metode PKT, sehingga pengerjaannya tidak boleh diborongkan kepada pihak ketiga. (dar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *