Pencoblos di Salah Satu TPS Madiun, Disuguhi Kesenian Dongkrek

by
Kesenian Dongkrek yang ditampilkan di TPS yang berada di SDN 02 Desa Buduran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, saat hari pencoblosan Pilkada berlangsung. (FOTO: S.RUD)

MADIUN, FaktaNusantara.com – Ada yang menarik di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada, yang digelar serentak tahun 2018, baik Pilbup Madiun maupun Pilgub Jawa Timur. Seperti di TPS yang berada di SDN 02 Desa Buduran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Di lokasi ini, ada tontonan unik bagi para pemilih saat melakukan pencoblosan, yakni kesenian Dongkrek, Rabu (27/6/2018). Ini dilakukan, agar masyarakat yang masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) tertarik, dan menggunakan hak suaranya di TPS setempat.

“Benar, suguhan kesenian Dongkrek ini, agar bisa menarik perhatian masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2018. Diharapkan, tingkat kehadiran pemilih tinggi, dan tidak ada yang golput,” ungkap salah satu KPPS setempat.

Kesenian dongkrek merupakan seni pertunjukan khas Kabupaten Madiun. Kesenian ini berupa tarian yang mengisahkan upaya Raden Ngabei Lo Prawirodipiro dalam mengatasi pagebluk (wabah) Mayangkoro, saat masyarakat Mejayan diserang wabah penyakit, yang dikisahkan pagi harinya sakit sore meninggal. Singkat cerita, Raden Ngabei Lo Prawirodipiro dalam mengusir pagebluk mayangkoro. Dan inilah menjadi inti cerita dongkrek.

Pantauan di lokasi, sebelum melakukan pencoblosan, masyarakat Desa Buduran terlebih dulu melihat Tari Dongkrek. Selang beberapa waktu kemudian, Kades Buduran Jumanto dan Camat Wonoasri Imam bersama Muspika Wonoasri, melakukan sidak di TPS tersebut.

Diiringi musik khas dongkrek berupa bunyian duk, duk, duk berasal dari bedug dan krek, krek, krek dari alat musik disebut korek dan diputar-putar, menambah suasana TPS tersebut berlangsung meriah.

Tak hanya jogetan yang memerankan orang tua sakti. Sesekali mengeluarkan banyolan (guyonan) yang mengundang gelak tawa para pencoblos. (s.rud/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *