Pemdes Kajang Gelar Pembinaan Keamanan, Ketertiban, dan Ketentraman Wilayah

by
Kegiatan pembinaan keamanan, ketertiban. dan ketentraman wilayah, yang digelar Pemdes Kajang, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun. (FOTO: S.RUD)

MADIUN, FaktaNusantara.com – Dalam menciptakan kondisi yang aman saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten dan Provinsi, pada 27 Juni 2018 nanti, Pemerintah Desa (Pemdes) Kajang, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, menggelar pembinaan keamanan, ketertiban, dan ketentraman wilayah.

Bertempat di Balai Desa Kajang, pembinaan ini diikuti 11 orang Linmas, 13 Ketua RT, 3 Ketua RW, Ketua BPD, Ketua LPMD, dan 3 Kasun. Serta menghadirkan narasumber diantaranya Kasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kecamatan Sawahan, Camat, Kapolsek, dan Danramil.

Menurut Kepala Desa (Kades) Kajang, Setyo Mardiono, melalui Sekdes Pujiati SE, mengatakan, pembinaan tersebut, juga sebagai upaya untuk menyebarluaskan informasi kegiatan pemberdayaan dan penataan lembaga kemasyarakatan kepada segenap Pemdes Kajang.

“RT, RW dan Linmas merupakan wilayah kerja pemerintah yang mempunyai fungsi membantu tugas-tugas dalam pemerintah, sosial kemasyarakatan, serta keamanan, ketertiban dan ketentraman Desa,” ungkap Sekdes Pujiati, Kamis (7/6/2018).

Disamping kemampuan aparatur Pemdes Kajang, lanjut Pujiati, besar kecilnya partisipasi masyarakat merupakan faktor penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat. Karena pada kenyataanya, keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat sangat membutuhkan ketertiban dan peran masyarakat itu sendiri.

“Harapannya bisa aman, tentram, dan kondusif. Dengan kondisi demikian, otomatis ekonomi akan lancar. Karena Desa Kajang, diantara tiga Kabupaten yaitu Madiun, Ngawi dan Magetan,” ujar Pujiati.

Pihaknya menambahkan, selama ini, Linmas dipandang sebelah mata. Karenanya, perlunya dilakukan pembinaan teknis keamanan, ketertiban, dan ketentraman wilayah, untuk menambah wawasan sumber daya manusia (SDM).

“Nah, agar bisa berdaya guna, kita melaksanakan pembinaan ini. Tentu, kita berharap melalui pembinaan ini, akan membangun dan membentuk SDM petugas kemasyarakatan yang komprehensif, agar pelaksanaan tugas sehari-hari bisa terencana, terpadu, dan bertanggung jawab, sehingga menciptakan hasil kerja yang baik,” ulasnya. (s.rud/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *