Pelajarnya Lulus 100 Persen, Kepala SMKN 1 Kertosono: “Ini Berkat Kerjasama Semua Pihak”

by
Kegiatan pelepasan pelajar SMKN 1 Kertosono, Nganjuk, beberapa waktu lalu.

NGANJUK, FaktaNusantara.com – Sebanyak 360 pelajar kelas XII, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, dinyatakan lulus 100 persen. Tak hanya pelajar periode 2017-2018 yang berbahagia atas kelulusannya, seluruh komponen SMKN ini turut berbangga dengan hasil Ujian Nasional (UN) tahun ini.

Lulusnya semua pelajar kelas XII SMKN 1 Kertosono ini, dibenarkan Kepala Sekolah Drs Gaguk Wiyono Heru. Pihaknya mengaku, tak hanya dirinya saja, sebanyak 125 guru dan staf SMKN ini turut bangga, para pelajarnya lulus dengan predikat baik. Meski begitu, pihaknya tak berpuas diri, kedepan pihkanya bertekad akan terus melakukan terobosan-terobosan, hingga bisa meraih predikat terbaik se-Kabupaten Nganjuk,

“Kita terus melakukan pembenahan kedepan. Kita semua ingin meraih hasil terbaik se kabupaten,” ungkapnya, Senin (28/5/2018) di ruang kerjanya.

Gaguk Wiyono merinci, dari 360 pelajar yang lulus, diantaranya 59 siswa berasal dari jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Teknik Otomasi Industri sebanyak 64 siswa, Teknik Permesinan 98 siswa. Kemudian jurusan Tata Boga 70 siswa, dan Tata Busana 69 siswa.

“Kelulusan tahun ini, merupakan kesuksesan semua pihak yang mendukung pihak sekolah. Kalau saya pribadi tidak ada artinya apa-apa, tanpa mendapat dukungan penuh timwork SMKN I Kertosono,” kata Gaguk.

Pihaknya berharap, pasca dinyatakan lulus, pelajar SMKN 1 Kertosono tetap mengedepankan akhlaq mulia. Selain itu, mampu bersaing di dunia kerja jika tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Selama ini, lanjutnya, sudah banyak dunia usaha industri yang sudah bekerja sama atau MOU dengan SMKN 1 Kertosono.

“SMKN 1 Kertosono terkategori sekolah yang memiliki BKK (Bursa Kerja Khusus), yakni membantu mencarikan pekerjaan bagi lulusan sesuai dengan kompetensinya. Disini, kita berharap lulusan sekolah ini, bisa terserap di dunia kerja 100 persen, kecuali bagi mereka yang melanjutkan ke perguruan tinggi,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Ketua Komite SMKN I Kertosono, Drs H Sudjono MM mengatakan, keberhasilan tersebut merupakan kerjasama dari timwork yang ada di sekolah. “Setiap program apapun terkait pendanaan yang bersumber dari iuran komite yang sudah direncanakan semua terlaksana dengan baik dan bertanggung jawab pada masing masing kompetensi keahlian,” tutur H Sudjono.

Sementara Walimurid dari Rahman, pelajar SMKN I Kertosono yang lulus tahun ini, mengaku bangga dengan nilai yang dicapai putranya, yakni lulusan berpredikat baik.

“Kami hanya ingin anak-anak memiliki pengetahuan, akhlaq yang baik, dan bisa bersaing di dunia kerja. Makanya, saya menyekolahkan anak saya kesini. Semoga kedepan, sekolah ini bisa lebih maju dan lebih modern. Dan Kepsek, seluruh guru, dan komite, diberi kemurahan berkah oleh Allah SWT, yang telah sabar mendidik anak saya, dan pelajar lain,” kata orang tua Rahman, mendoakan. (sis/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *