Pantau Penerima Alsintan, Staf Kementan Beri Apresiasi UPJA Sahabat Tani Desa Jenggawur Tegal

by
Pengelola UPJA Sahabat Tani, Sukirno (kiri) saat memberikan penjelasan kepada Staf Kementan RI pada monitoring bantuan Alsintan. (FOTO: DAR)

TEGAL, FaktaNusantara.com – Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) terhadap peningkatan produksi dan kesejahteraan petani, Kamis (31/5/2018), staf Kementerian Pertanian (Kementan) RI memonitor bantuan Alsintan di Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) “Sahabat Tani” Desa Jenggawur, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Didampingi pejabat dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tegal, staf Kementan yang biasa dipanggil Ari ini, melihat langsung bantuan Alsintan yang telah diberikan pada UPJA “Sahabat Tani”. Sesekali, ia mendapatkan penjelasan dari pengelola UPJA, Sukirno, tentang penggunaan Alsintan yang telah diterimanya.

Sukirno menjelaskan, bantuan alsintan seperti Rice Transplanter (alat mesin penanam padi, red) penggunaannya bukan hanya untuk kelompok tani (Poktan) di wilayah desanya, namun sudah merambah ke desa lain, bahkan sudah lintas kecamatan.

“Di UPJA ini, juga melayani jasa pelatihan pembenihan untuk penanaman menggunakan mesin Rice Transplanter serta pelatihan cara pengoperasiannya,” kata Sukirno.

Setelah melihat langsung bagaimana bantuan Alsintan telah dimanfaatkan oleh petani, staf Kementan ini mengapresiasi kepada UPJA Sahabat Tani, atas pengelolaan alsintan yang telah dijalankannya dengan baik. Karenanya, pihak Kementan berharap agar alat mesin pertanian yang telah diberikan kepada UPJA dapat dimanfaatkan dengan baik, dijaga dan dirawat. (darojat/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *