Ngaku Miliki Supranatural, Perempuan asal Malang Malah Tipu Pria Gresik

by
Polisi saat mengamankan tersangka beserta barang buktinya di Mapolsek Gresik Kota.

GRESIK, FaktaNusantara.com – Mengaku memiliki kekuatan supranatural dan bisa mendatangkan barang yang hilang, Yuli Pratama Wati (26), warga Sukoharjo, Ampelgading, Malang, malah harus berurusan dengan pihak berwajib.

Sebab, perempuan yang mengaku dukun ini, ujung-ujungnya, malah menipu dan mencuri barang berharga milik Bayu Puwadi (58), warga Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kabupaten Gresik.

Kapolsek Gresik Kota, AKP Suyatmi mengatakan, kasus dukun palsu ini terungkap, saat itu, korban mengundang tersangka Yuli datang ke rumahnya di Gresik, dengan maksud agar barang yang hilang milinya, bisa kembali. Tersangka menyanggupi permintaan korban, namun dengan syarat, korban memberi uang untuk pembelian dupa. Percaya dengan tersangka, korban pun memberikan uang tersebut.

Selang beberapa waktu tak mendapat hasil yang diharapkan, korban pun sadar jika dirinya tertipu. Ia pun mengecek sejumlah barang berharga lainnya. Benar saja, pedang samurai dan ponsel miliknya, sudah tidak ada di tempatnya.

“Korban kemudian melapor karena merasa ditipu. Korban mengaku jika pedang samurai miliknya itu bisa laku Rp 1 miliar lebih,” kata AKP Suyatmi, didampingi Kanit Reskrim Aiptu Yoyok Mardi, Selasa (27/3/2018).

Untuk menangkap tersangka Yuli, anggota Polsek Gresik Kota sempat kesulitan. Sebab, rumah tersangka tidak tetap, melainkan kos dan pindah-pindah. “Tersangka kemudian berhasil kita tangkap. Tersangka diduga telah menipu dan mencuri barang-barang berharga milik korban,” imbuhnya.

Dikatakannya, kemampuan tersangka Yuli bisa mendatangkan barang hilang itu tidak benar. Namun, orang percaya begitu saja. Selain meringkus tersangka, petugas juga menyita beberapa barang bukti diantaranya satu buah ponsel, satu buah pedang samurai untuk praktek dukun palsu, dan 19 buah dupa.

“Akibat dan penipuan itu, tersangka dikenakan pasal 378 KUHP juncto pasal 362 dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun,” pungkasnya. (tri/irw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *