Mesin Industri Seharga Ratusan Juta Raib Digondol Maling

by
Tembok gudang yang dijebol kawanan pencuri, dan Mujiana, Kepala HRD UD AOne Industri (kanan)

SIDOARJO, FaktaNusantara.com – Mesin milik UD AOne Industri yang berlokasi di Dusun Kapas Melati, Desa Jabaran, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, hilang dicuri maling. Raibnya mesin yang memproduksi briket arang tersebut, diketahui oleh Mujiana, Kepala HRD UD AOne.

Dirinya mengetahui, jika mesin senilai ratusan juta rupiah tersebut sudah tidak berada di tempatnya, pada Rabu (27/6/2018) siang, saat dirinya hendak mengambil spare part yang akan digunakan untuk keperluan produksi, di gudang.

Pada libur Pencoblosan Pilkada itu, sekitar pukul 14.00 WIB, dirinya bermaksud menyiapkan segala sesuatu, untuk persiapan produksi. Namun, begitu dirinya masuk, kondisi gudang sudah acak-acakan. Curiga dengan kondisi itu, dirinya pun memeriksanya. Kaget bukan kepalang, saat dirinya melihat mesin senilai Rp 350 Juta itu sudah tidak berada di tempatnya.

“Benar, mesin produksi milik pabrik, hilang. Saat itu, saya hendak mengambil spare part di gudang, sekalian ngecek kondisi gudang, setelah libur panjang. Nah, kondisi gudang saat itu sudah acak-acakan, banyak mur dan baut berceceran di sekitar tempat mesin. Bahkan, tembok gudang yang berdekatan dengan mesin, berlubang,” kata Mujiana, Senin (2/7/2018).

Menurutnya, kejadian hilangnya mesin yang diimpor dari negara Spanyol tersebut, tidak langsung diketahui pihak pabrik. Sebab, lokasi pabrik dengan gudang penyimpanan mesin berjarak sekitar 1 kilometer.

Dirinya memprediksi, pencuri itu beraksi tidak sendirian, dan menggondol mesin yang tidak ada di Indonesia itu, lewat lubang dinding gudang yang sebelumnya dijebol. Atas kejadian tersebut, pihaknya kemudian melaporkan ke Unit Reskrim Polsek Balongbendo.

“Sudah kami laporkan ke pihak kepolisian. Dengan kehilangan 1 unit mesin impor dari Spanyol, 9 dinamo, 1 mesin plong briket, 1 set gear box. Dan saat ini, kami tengah menunggu perkembangan hasil penyelidikan tindak pidana pencurian ini dari Polsek,” rinci Kepala HRD perempuan bergaya tomboy ini.

Sementara salah satu saksi, Sholikin (45) mengatakan, dirinya masih melihat mesin tersebut menancap pada saat hari pertama masuk kerja, pasca libur lebaran.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Balongbendo, Iptu Kinarto mengatakan, jika pihaknya sedang mendalami kasus pencurian yang dialami UD AOne ini.

“Perkembangannya, saat ini, kami sudah berhasil meringkus satu tersangka berinisial DYK (42), warga setempat sekitar gudang. Dari pengakuan tersangka, dirinya melancarkan aksinya bersama dua rekannya. Selanjutnya, mereka jadi DPO (daftar pencarian orang), dan masih dalam pengejaran,” ungkap Iptu Kinarto. (irw/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *