Majukan Sektor Wisata di Jombang, Suryo Alam dan Kemenpar Petakan Potensi Alam

by
Suryo Alam saat Bimtek Pariwisata di Jombang.

JOMBANG, FaktaNusantara.com – Anggota Komisi VII DPR RI, Suryo Alam, yang membidangi energi sumber daya mineral dan lingkungan hidup, beserta Kepala Bidang area Jawa Timur dan DIY regional II, Kementrian Pariwisata (Kemenpar), serta dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jombang, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di Hotel Yusro Jombang, Rabu (9/5/2018).

Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan potensi destinasi wisata di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Mengingat Jombang, memiliki potensi alam yang melimpah dan belum maksimal dimanfaatkan sebagai obyek wisata.

“Pariwisata Jombang itu saya kira bisa menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan perekonomian masyarakat, kalau pariwisatanya maju otomatis jalannya akan dibenahi. Pariwisata ini bisa dikatakan sebagai pemantik lah untuk kemajuan Jombang,” ujar Suryo Alam, usai acara Bimtek.

Mengingat saat ini musim pilkada, pihaknya berharap agar siapapun yang akan menjadi kepala daerah di Jombang, bisa melirik sektor wisata, dan dijadikan program prioritas, mengingat potensi wisata di Jombang sangatlah banyak.

“Pariwisata saya harapkan bisa menjadi pemantik, menjadi program prioritas pemerintahan Jombang kedepan. Ini saat yang bagus pas jelang pilkada juga, jadi ini pesan bagi siapapun yang terpilih nantinya supaya pariwisata di Jombang maju,” ungkapnya.

Jika melihat potensi di Jombang, lanjut Suryo Alam, adanya jalur kereta ganda, jalur tol, merupakan modal utama untuk memajukan pariwisata di Jombang, selain banyaknya potensi alam.

“Akses sudah gampang, tol juga sudah terhubung, jalur kereta api juga dua track, bandara hanya satu jam, nanti ada bandara Kediri juga, kalau gak disiapin dari sekarang, nanti orang lewat di Jombang hanya dada saja, dan saya sebagai orang yang mewakili salah satu Dapil disini ndak mau Jombang untuk dada saja,” paparnya.

Saat ditanya bentuk nyata sumbangsih yang dilakukan oleh Suryo Alam dalam memajukan potensi wisata di Jombang, pihaknya menuturkan bahwa ada beberapa tahap untuk memajukan potensi wisata alam di kota santri, salah satunya dengan memberikan bimtek destinasi wisata melalui penguatan potensi wisata alam Jombang, dengan pemetaan potensi.

“Pertama dimulai dari kegiatan ini, kedua penguatan perundangan peraturan, yang ketiga dari anggaran yang diberikan. Ini pertama kalinya setelah sekian lama bertahun tahun, DAK Pariwisata Kabupaten Jombang kita setujui, dengan besaran tahap awal Rp 1,7 Miliar dan dana Dekon Rp 1 Miliar, jadi ada Rp 2,7 Miliar,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang area Jawa Timur dan DIY regional II, Kementrian Pariwisata, Widayanti Bandiyah, membenarkan bahwa Dinas Pariwisata Jombang, bisa mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Pariwisata, untuk mengembangkan potensi wisata di Jombang.

“Kita itu sebenarnya ada Dana Alokasi Khusus (DAK) yang jatuh pada Kabupaten, nanti kalau teman-teman dari Dinas-nya enggeh, mau dikembangkan, bisa dibuat untuk membangun jalan akses ke area pariwisata, tahun ini mereka dapat Rp 1,7 M loh,” jelas Bandiyah. (elo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *