Kenang Jasa RA Kartini, Ini Pesan Bupati Madiun saat Upacara

by
Pelaksanaan upacara memperingati Hari Kartini di Pendopo Kabupaten Madiun, (21/4/2018). (FOTO: S.RUD)

MADIUN, FaktaNusantara.com – Hari lahir Raden Ajeng Kartini, pada tanggal 21 April, diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maduin, dengan menggelar upacara di Pendopo Graha Kabupaten Madiun, Sabtu (21/4/2018).

Dengan berpakaian ala Kartini, peserta upacara ini tampak hikmad mengikuti upacara dalam rangka mengenang jasa-jasa RA Kartini sebagai sosok pahlawan penggerak perjuangan emansipasi wanita.

Pantauan di lokasi, upacara ini diikuti anggota Forpimda Kabupaten Madiun, Wakil Bupati Madiun, Sekdakab Madiun, pimpinan OPD, Camat, Direktur BUMD, ibu Ketua Penggerak PKK berserta pengurus dan ibu Ketua Bhayangkara.

Dalam sambutannya, Bupati Madiun H Muhtarom mengatakan, peringatan hari Kartini ini merupakan momentum dalam rangka meningkatkan semangat untuk memperjuangkan kesetaraan gender dan kemajuan perempuan secara umum.

“Hari Kartini juga harus menjadi contoh pengingat bagi seluruh bangsa Indonesia agar terus memperjuangkan hak-hak perempuan, memperjuangkan dalam rangka menekan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta ketidaksetaraan relasi antara perempuan dan laki-laki,” ucapnya.

Sebab, lanjut Bupati, ketimpangan dan kekurangan peran serta perempuan secara umum, bisa mengakibatkan lambatnya keberhasilan dalam pembangunan. Karena perempuan merupakan prasyarat meningkatkan manusia Indonesia. Mengingat separo penduduk Indonesia adalah perempuan.

“Jika kualitas perempuan rendah, maka sangat berpengaruh seluruh kualitas manusia. Kita harus banyak belajar dari sejarah perjuangan ibu Kartini tersebut,” tandas Bupati Muhtarom.

Sekedar informasi, adapun tema peringatan Hari Kartini 2018 ini yakni, dengan semangat Kartini ini, kita tingkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan perempuan di Indonesia. (s.rud/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *