Kejari Gresik Tetapkan Kades Sembayat Tersangka, Diduga Selewengkan DD

by
Kades Sembayat Gresik, H Saudji.

GRESIK, FaktaNusantara.com – Kepala Desa (Kades) Sembayat, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, H Saudji, ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari). Dia diduga menyelewengkan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp 169 juta.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Andrie Dwi Subianto mengatakan, tersangka atas nama H Saudji, Lades Sembayat, Kecamatan Manyar, itu juga pernah menjadi anggota Polres Gresik. Saudji ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil pemeriksaan puluhan saksi dan barang bukti.

“Tersangka diduga korupsi dana proyek pembangunan tiga saluran air (drainase) dan pagar makam yang nilai totalnya mencapai Rp 400 juta lebih,” papar Andrie, Rabu (24/5/2018).

Keempat proyek itu realisasinya tidak sesuai dengan ketentuan. Dalam penyelidikan, Kejari Gresik kemudian menemukan adanya dugaan unsur kesengajaan yang mengarah pada tindakan memperkaya diri.

“Nilai kerugian negara Rp 169 juta. Status penetapan tersangka sudah sejak Senin (21/5/2018) lalu. Tersangka dikenakan pasal 2 dan 3 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor),” kata Andrie.

Menurut Andrie, lebih dari 20 saksi sudah diperiksa berkaitan dengan kasus ini. Saksi yang dipanggil mulai dari perangkat desa, BPD setempat, Camat Manyar Abdul Hakam, hingga orang yang mengerjakan proyek tersebut. Termasuk Kepala Diskoperindag, Agus Budiono.

“Waktu itu, Pak Agus sedang menjabat sebagai Kepala Bapemas (sekarang menjadi DPMD, red),” katanya. (in/irw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *