Ini Alasan Mengapa Orang Tua Wajib Dampingi Anak

by

Oleh: Cahyaningtyas Pangesti
(Mahasiswi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang)

Entah karena peran teknologi yang semakin maju, atau tingkat pendidikan orang tua zaman sekarang yang lebih tinggi. Namun, faktanya orang tua zaman sekarang semakin menyadari pentingnya peran mereka dalam mendidik anak. Peran aktif orang tua tentu saja perlu didukung oleh komunikasi yang baik antara orang tua dan anak. Orang tua harus mendampingi perkembangan anak dari awal kehidupan serta melakukan berbagai aktivitas dan menerapkan pola asuh yang tepat.

Di dalam psikologi perkembangan, banyak dibicarakan bahwa dasar kepribadian seseorang terbentuk pada masa kanak-kanak. Kecepatan perkembangan pada anak berbeda-beda setiap aspeknya. Setiap individu itu berbeda, dengan kata lain setiap anak itu khas, tidak akan ada dua orang yang tepat sama meskipun berasal dari orang tua yang sama. Orang tua harus memahami bahwa cara pengasuhan anak di rumah bisa merefleksikan harapan-harapan dan sikap-sikap tertentu.

Proses-proses perkembangan yang terjadi dalam diri seorang anak ditambah dengan apa yang dialami dan diterima selama masa anak-anaknya secara sedikit demi sedikit memungkinkan ia tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa. Pengalaman dan pendidikan merupakan faktor yang paling menentukan dalam perkembangan kepribadian anak.

Pertumbuhan dan perkembangan berjalan menurut norma-norma terntentu. Walaupun demikian seorang anak dalam banyak hal bergantung pada orang dewasa. Oleh karna itu semua orang-orang yang mendapat tugas mengawasi anak harus mengerti persoalan anak yang sedang tumbuh dan berkembang. Secara fisik anak yang baru dilahirkan dalam keadaan lemah. Dengan kata lain ia belom dapat berdiri sendiri.

Tahap pertumbuhan anak tak hanya terjadi pada fisik dan motorik saja, tetapi juga psikisnya. Pertumbuhan psikis anak memang tidak akan terlihat secara kontras sebagaimana pada perubahan fisiknya, pertumbuhan psikis cenderung akan lebih dirasakan daripada dilihat. Anak yang mengalami pertumbuhan psikis akan cenderung lebih mandiri dan berhasrat untuk melakukan hal-hal yang bisa mereka kerjakan sendiri, seperti mulai tumbuhnya kesadaran membantu orang tua. Namun disamping itu, kemandirian tersebut juga bisa ditunjukkan dengan cara lain seperti dengan semakin pintarnya anak berargumen dan berbicara. Di masa keemasan ini, anak akan sangat peka terhadap berbagai rangsangan dan pengaruh dari luar.

Masa kanak-kanak dikenal sebagai masa egosentris karena pada masa itu anak anak berada pada masa ketidak seimbangan dalam arti bahwa anak mudah terbawa ledakan ledakan emosional. Anak suka meniru segala sesuatu yang dilihatnya, oleh karena itu sebagai orang tua hendaknya menjadi teladan yang baik bagi anak dari permulaan kehidupannya. Jangan mengira karena anak masih kecil dan tidak mengerti apa yang terjadi di sekitarnya, sehingga kedua orang tua melakukan tindakan yang salah di hadapannya.

Selanjutnya, anak anak akan sangat agresif apabila keinginan nya tidak tercapai, bahkan anak anak akan kasar, menyerang, menyalahkan orang lain, dan memaki maki dengan tujuan agar dia terlihat lebih pandai dan tidak kalah. Selanjutnya lingkungan sosial rumah juga memainkan peran dan menimbulkan sering dan kuat nya rasa amarah, jenis disiplin dan metode latihan juga berpengaruh terhadap amarah anak. Semakin orang tua otoriter, semakin besar kemungkinan anak untuk marah.

Anak yang didampingi orang dewasa, akan belajar lebih baik daripada mereka yang tidak mendapat pendampingan. Secara psikologis, perhatian orang tuanya tersebut membantu anak tidak merasa sendiri, merasa percaya diri, dan merasa diperhatikan. Perasaan nyaman dan diperhatikan itu akan menjadi awal belajar yang baik dan menumbuhkan motivasi belajar anak.

Sementara itu, anak yang kurang mendapat perhatian dan pendampingan orang tua, dapat merasa tertekan dan tidak menutup kemungkinan akhirnya membenci pendidikan. Orang tua diharapkan mampu membimbing dan memahami kondisi jiwa raga anak, apa yang dirasakan anak, dan yang diinginkan anak.

Menyadari bahwa anak adalah bagian dari kehidupan orang tua dan orang tua punya kendali pada anak, maka perlu disadari bahwa penyesuaian diri anak adalah juga penyesuaian diri orang tua. Ada tipe orang tua yang menyadari bahwa dirinya juga perlu menyesuaikan diri dengan kebutuhan anak yang memasuki masa perkembangan. Disisi lain, ada juga orang tua yang tidak berpikir bahwa anak membutuhkan bantuan orang tua. Pilihannya ada di tangan orang tua. Banyak orang tua mengeluh mengenai kesulitan mengurus anak. Sebenarnya orang tua perlu menyikapi permasalahan ini dengan lebih bijak. Orang tua perlu membedakan apakah anak menolak atau memprotes dalam menentukan dan memenuhi kebutuhan nya sendiri. Dengan memberi kesempatan untuk anak, orang tua bisa mengajarkan mandiri.

Orang tua adalah guru pertama terhadap anak, sebab orang tua merupakan teladan utama bagi seorang anak. Terlebih peran orang tua mendidik anak ber -akhlakul karimah. Penekanan yang harus dilakukan oleh orang tua kepada anak adalah mendidik anak dengan norma norma agama. Pendidikan agama terhadap anak merupakan pondasi utama dalam membentuk kepribadian anak.

Pada zaman sekarang ini pengaruh dari luar terutama media komunikasi dan informasi, saat ini sangat rentan berpengaruh tidak baik dalam pembentukan kepribadian anak. Disinilah tugas utama yang harus dilakukan orang tua. Mengawasi dan memfilter media yang baik kepada anak. Hal ini bertujuan agar anak tidak mudah mengikuti arus globalisasi yang ada.

Kemajuan terknologi informasi yang ada tidak harus kita hindari. Tetapi sebagai orang tua harus benar-benar mengawasi anaknya dalam menggunakan teknologi yang ada. Perilaku anak yang telah kecanduan layanan internet harus mendapat perhatian serius dari para orang tua.

Sebagai orang tua yang memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan anaknya, sudah selayaknya jika para orang tua mulai memperhatikan perilaku, apa saja yang menjadi kegiatan anak nya yang sedang tumbuh dewasa, dan memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak anak nya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *