Gelar Halal bi Halal di Pendopo, Bupati Madiun Harap Tingkatkan Harmonisasi

by
Bupati Madiun Muhtarom saat Halal bi Halal di Pendopo Ronggo Djoemeno, Jumat (22/6/2018). (FOTO: S.RUD)

MADIUN, FaktaNusantara.com – Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun, pada Jumat (22/6/2018), mendadak dipadati Aparatus Sipil Negara (ASN). Dengan berbusana batik, mereka tampak berjabat tangan dengan Bupati Madiun beserta Ibu, Wabup beserta Ibu, dan Sekdakab Madiun.

Bukan hal lain, di hari kedua masuk kerja pasca liburan Idul Fitri ini, Bupati Madiun menggelar Halal bi Halal (HBH), sebagai bentuk saling bermaaf-maafan dengan seluruh ASN di lingkup Pemkab di momen Idul Fitri. Tampak hadir, seluruh pejabat dan pegawai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati Madiun Muhtarom mengatakan, pelaksanaan HBH di Pemkab pada tahun ini, sengaja dipusatkan di Pendopo Ronggo Djoemeno. Bukan ada maksud lain, Bupati Muhtarom hanya ingin, ASN yang belum pernah datang ke pendopo, agar bisa tahu pendopo.

“Tidak menutup kemungkinan kan, jika sebagian kecil ada para pegawai yang golongan I / II belum tahu Pendopo Ronggo Djoemeno. Nah, dengan Halal bi Halal di sini ini, mereka bisa tahu pendopo,” ungkap Bupati Muhtarom.

Menurutnya, Halal bi Halal merupakan tradisi yang digelar rutin dalam merayakan Idul Fitri. HBH juga merupakan sarana saling bermaaf-maafan antar sesama manusia.

“Di hari yang fitri ini, kita lebur semua kesalahan yang selama ini dilakukan secara sengaja atau tidak. Selanjutnya, hal ini bisa kembali membangun hubungan harmonis antara pimpinan dan staf di lingkup Pemkab,” ujarnya. (s.rud/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *