Diperketat, Pengawasan UNBK SMA di Jombang Pakai Kamera CCTV

by
Mempermudah dan memperketat pengawasan pelaksanaan UNBK, SMAN 1 Jombang gunakan kamera CCTV yang dipasang di setiap ruangan. (FOTO: ELO)

JOMBANG. FaktaNusantara.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), di Jombang berlangsung ketat. Berbeda dengan pelaksanaan UNBK pada tahun sebelumnya, kali ini pengawasan pelaksanaan ujian tersebut, menggunakan kamera pengintai alias CCTV. Sehingga memudahkan pengawasan.

Salah satu sekolah yang menggunakan pengawasan CCTV, yakni SMAN 1 Jombang. Sekolah ini melakukan pengawasan ujian, secara berlapis dalam pelaksanaan ujian. Selain melibatkan guru pengawas, pengawasan juga dilakukan dengan menggunakan kamera CCTV yang berada di setiap ruangan.

Pengawasan ketat ini dilakukan, untuk meminimalisir gangguan pada siswa saat mereka mengerjakan soal ujian. Dalam proses pengawasan di sekolah ini, para pengawas lebih memilih berada di luar kelas. Bahkan, selama para siswa mengerjakan soal, mereka hanya diawasi oleh kamera CCTV di masing-masing ruangan.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Jombang, Nur Hidayat mengatakan, bahwa pengawasan belapis ini untuk membantu para siswa fokus mengerjakan soal yang diujikan. “Penggunaan kamera CCTV, juga untuk memupuk sikap jujur dari masing-masing siswa,” kata Nur Hidayat, Senin (9/4/2018).

Disinggung apa saja persiapan pihak sekolah menghadapi UNBK tahun ini, selain penggunaan CCTV. Pihaknya menjelaskan, untuk berjaga-jaga jika listrik padam, pihak sekolah juga terpaksa menyewa mesin genset.

“Menyewa genset, yang per harinya seharga Rp 500 ribu per hari, dan mencapai Rp 7 Juta selama pelaksanaan UNBK. Dana diambilkan dari komite,” tegas Nur Hidayat.

Pantauan di lokasi, Sejumlah 293 siswa mengikuti UNBK pada hari ini, dengan materi uji Bahasa Indonesia. Dari jumlah itu, dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pagi dan siang. (elo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *