Diparkir di Halaman Puskesmas, Motor milik Staf Amblas

by
Salah satu staf Puskesmas Ketapang, saat menunjukkan lokasi sepeda motor milik korban, diparkir. (FOTO: MOJO)

PROBOLINGGO, FaktaNusantara.com – Puskesmas Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Selasa (3/7/2018) siang, kebobolan. Satu unit sepeda motor milik Ribawati (33) salah seorang staf bagian laboratorium Puskesmas setempat, digondol maling. Aksi pencurian kendaraan roda dua yang diparkir di halaman depan Puskemas tersebut, terekam kamera pengintai (CCTV).

Meski begitu, pelaku yang diperkirakan empat orang tersebut lolos dan tak ada satupun warga yang mengetahui pencurian di siang bolong tersebut. Bahkan, dua pelaku sebagai ekskutor di rekaman CCTV-nya, terlihat hendak mencuri 1 unit sepeda motor lagi. Entah apa penyebabnya, tiba-tiba satu pelaku yang sempat mengobok-obok kunci sepeda motor yang hendak dicurinya, membatalkan aksinya.

Mereka pun kabur ke arah utara lewat di Jalan raya Bromo mengendarai 3 sepeda motor. Satu unit sepeda motor milik Ribawati dan dua sepeda motor yang dikendarai 4 pelaku saat melancarkan aksinya.

Diketahui melalui CCTV, dua pelaku masuk ke halaman pukesmas dari arah selatan, sedang dua rekannya menunggu di luar dengan kendaraan siap pacu. Begitu masuk halaman, satu pelaku langsung tertuju pada motor milik korban beropol N 5325 NBA.

Sementara satu rekannya, mengekskusi sepeda motor yang diparkir di selatan motor milik Ribawati. Hanya saja aksi pelaku yang satu ini tidak berhasil. Ia kabur membonceng pelaku yang mengendarai sepeda motor milik korban.

Belum diketahui penyebabnya, mengapa empat kawanan pencuri tesebut kabur, padahal suasana puskesmas saat berlangsung aksi pencurian, sepi alias tidak ada satupun pegawai dan pengunjung puskesmas berseliweran atau ada di halaman puskesmas.

Agus Sutiono (30) salah seorang staf Puskesmas membenarkan, kalau sekitar pukul 11.00 WIB, telah terjadi aksi pencurian. Korbannya adalah Ribawati, warga Jalan Pahlawan, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan kanigaran. Korban mengetahui sepeda motornya tidak ada di tempat parkir, setelah distarter dari kejauhan tidak berbunyi alias tidak hidup.

“Kan menghidupkannya pakai remote dari kejauhan. Tahu mesinya tidak hidup, Ribawati keluar. Setelah dilihat, motornya sudah amblas,” ujarnya.

Dijelaskan, Ribawati menghidupkan sepeda motornya, karena hendak menghadiri rapat di Dinas Kesehatan Kota. Setelah mengetahui sepeda motornya dibawa kabur maling, korban langsung melapor ke Polsek Kademangan. Usai laporan, Ribawati kemudian menghadiri rapat diantar rekan kerjanya.

“Yang tahu dulu kalau ada motor hilang, pemiliknya. Kemudian kami lihat di CCTV. Ternyata pelakunya ada empat. Kejadiannya antara jam 1030 sampai 11.00,” tambah Agus.

Terpisah, Kapolsek Kademangan, Kompol Toyip Subur membenarkan kejadian pencurian di wilayahnya. Menurutnya, korban sudah melaporkan dan sebagai tindak lanjut pihaknya teleh memerintahkan anggotanya menyebar untuk mencari keberadaan sepeda motor. Selain korban sudah dimintai keterangan, pihaknya juga akan memintai keterangan saksi di sekitar kejadian yuang mengetahui aksi pecurian tersebut.

“Ya kita upayakan pelaku ditangkap, berikut barang buktinya. Anggota sudah kami sebar di lapangan,” ujarnya singkat. (mojo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *