Diduga Korsleting Listrik, Dua Ruangan SMP Santo Yusuf Hangus Terbakar

by
Petugas pemadam saat berada di lokasi kejadian.

MADIUN, FaktaNusantara.com – Diduga akibat korsleting listrik, dua ruang di SMP Santo Yusuf, Jalan Diponegoro 80 Kota Madiun, terbakar, Jumat (6/4/2018) dini hari. Dua ruang itu, yakni ruang Tata Usaha (TU) dan kantin, hangus dilalap si jago merah sekitar pukul 01.00 WIB.

Petugas jaga dan kebersihan SMP Santo Yusuf, Valentinus Subanijo (39) menuturkan, sebelumnya, ia tak mengetahui api membara membakar dua ruangan tersebut. Saat itu, seperti biasanya, ia berjaga sambil mendengarkan radio, di ruang jaga.

Sekitar pukul 01.00 WIB, dirinya mendengar suara berisik, seperti suara kucing yang sedang mencari makan di tong sampah. Penasaran dengan suara berisik, ia pun mencari sumber suara. Kaget bukan kepalang, saat dirinya melihat api sudah membumbung tinggi. Api juga terlihat keluar dari jendela ruangan TU yang berada di samping ruang guru.

“Awalnya saya pikir suara kucing cari makan di sampah. Ternyata, api sudah menjilat keluar dari jendela ruang TU,” katanya.

Lupa membawa ponselnya, Subanijo bergegas ke rumah pengurus Yayasan SMP Santo Yusuf, memberi informasi kejadian tersebut. “Saya laporkan, kalau sekolah terbakar,” kata pria yang biasa dipanggil Pak Boni ini.

Ia pun menghubungi petugas pemadam kebakaran, dan kembali ke sekolah. Setibanya di sekolah, api sudah menjalar ke ruangan kantin yang berada di lantai dua.

Selang beberapa waktu, sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi kejadian. Petugas berjibaku memadamkan api yang membakar hebat. Api baru bisa dijinakkan sekitar pukul 03.30 WIB.

Bruder Modestus, Pengurus Yayasan SMP Santo Yusuf mengatakan, pihaknya mengalami kerugian hingga ratusan juta. Lantaran, sejumlah dokumen seperti arsip, ijazah, rapor, buku tabungan, uang, laptop, komputer, proyektor dan sejumlah barang berharga lain di ruang TU ludes terbakar.

“Seluruh arsip, ijazah, rapor, komputer dua unit, laptop, uang tabungan, proyektor, ludes terbakar,” katanya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Madiun Kota, AKP Logos Bintoro mengatakan, kebakaran terjadi, diduga disebabkan korsleting listrik. “Dugaan sementara akibat korsleting listrik,” jelasnya. (tri/s.rud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *