Di Gresik, Ternyata ada Kopi Telur dan Berkhasiat Tokcer

by
Kopi telur yang menjadi menu spesial di Warkop milik Hadi di kawasan Manyar, Gresik. (FOTO: IRW)

GRESIK, FaktaNusantara.com – Nyeruput wedang kopi, sudah menjadi menu pelengkap yang mentradisi untuk berbincang-bincang bersama rekan. Namun, bagaimana dengan wedang kopi telur? Ya, wedang kopi hitam dicampur dengan telur ayam kampung yang direbus setengah matang.

Menu kopi telur, menjadi menu spesial di sebuah kedai kopi di Kawasan Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Saking banyak peminatnya, Hadi, pemilik warung mengaku harus memiliki stok telur ayam kampung lebih.

“Disini kami hanya menyediakan kopi hitam, kopi susu, dan kopi telur. Yang paling dicari konsumen biasanya kopi telur,” kata Hadi, pemilik warung, kepada FaktaNusantara.com.

Hadi mengaku, kopi telur racikannya sudah ada turun temurun sejak dulu. Sebab, masyarakat sekitar mempercayai jika mengonsumsi telur ayam kampung yang direbus setengah matang, akan meningkatkan stamina tubuh.

“Resep ini sudah turun-temurun dari kakek-kakek terdahulu. Mungkin, awalnya dari khasiat telur setengah matangnya, kemudian diramu menjadi kopi telur. Ya meski secara medis belum terbukti. Tapi mitos disini begitu. Bahkan, bisa meningkatkan kejantanan pria,” katanya, Senin (28/8/2017).

Rata-rata, lanjut Hadi, para pelanggannya yang mengonsumsi kopi telur adalah para petani tambak, dan para kuli yang butuh tenaga ekstra. “Pelanggan yang ngopi disini, biasanya para pekerja kasar. Karena mereka butuh stamina ekstra,” sebutnya.

Sementara Atim (60) mengaku, menjadi pelanggan setia kopi sejak dirinya masih muda hingga saat ini. Bahkan menurutnya, khasiatnya nyeruput kopi telur sama dengan minum jamu.

“Saya itu sudah jadi pelanggan di Warkop ini sejak dari muda sampai sekarang. Kalau ngopi disini itu sama dengan minum jamu. Kopi telur itu banyak khasiatnya, dan tokcer, bisa mengurangi capek, menambah stamina, nggak gampang masuk angin,” kata kakek Atim. (irw/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *