Dana Desa Tulungrejo Madiun, Prioritaskan Pembangunan Jalan dan Jembatan

by
Pengerjaan jembatan di Desa Tulingrejo, Kecamatan/Kabupaten Madiun, dengan melibatkan warga. (FOTO: S.RUD)

MADIUN, FaktaNusantara.com – Pembangunan jalan aspal dan 4 titilk pembangunan jembatan, menjadi prioritas Desa Tulungrejo, Kecamatan/Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dalam pemanfaatan pengunaan Dana Desa (DD) tahun 2018 tahap pertama sebesar 20 persen.

Kepala Desa (Kades) Tulungrejo, H Budi Utomo mengungkapkan, untuk menunjang perekonomian masyarakat, pembangunan sejumlah infrastruktur jalan dan jembatan menjadi prioritas DD 2018 tahap pertama.

“Jalan aspal dengan panjang kurang lebih 300 meter dan lebar 3 meter di Dusun Brungkal di RT 7 hingga RT 9. Serta 4 jembatan, pertama sepanjang 6 meter dan lebar 3,5 meter. Kedua, panjang 6 meter dan lebar 1,5 meter. Ketiga sepanjang 6 meter dan lebar 3,75 meter. Dan keempat, panjang 3,5 dan lebar 1,5 meter,” rinci Budi Utomo, di kantornya, Selasa (8/5/2018).

Menurutnya, begitu DD tahap pertama 20 persen dicairkan, pihaknya langsung merealisasikan pembangunan infrastruktur. “Salah satu jembatan sudah selesai, direncanakan sebelum Idul Fitri sudah jadi jalan ke masjid. Sedangkan jalan poros desa yang menghubungkan dukuh 2 dan 1, juga diharapkan selesai,” ungkap Budi Utomo.

Pihaknya mengaku kesulitan mendapatkan pekerja, lantaran berbarengan dengan musim maton alias membersihkan rumput di sawah. Meski begitu, ia berharap, pembangunan jalan dan jembatan itu berjalan lancar dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tulungrejo.

Kades Budi Utomo juga menambahkan, pembangunan tugu 4 perguruan silat di Desa Tulungrejo juga direalisasikan. Ini menunjukkan perdamaian antar perguruan. “Empat perguruan itu yakni PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate), PSHTMW (Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo), IKS PI-Kera Sakti, dan Pandan Alas. Masing-masing perguruan swadaya Rp 3 juta dan tenaga pembuatannya. Sedangkan Pemdes menyokong kekuranganya hasil dari PAD, diperkirakan Rp 50 juta,” tambah Budi Utomo.

Rencananya, lanjut Kades, akan diresmikan Kepala Kesbangpoldagri Kabupaten Madiun, pasca Pilkada 2018. “Karena di Desa Tulungrejo keempat perguruan tersebut berpotensi diajak membangun desa. Setiap kegiatan, keempat perguruan tersebut selalu dilibatkan untuk gotong-royong,” ungkap Budi Utomo. (s.rud/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *