Dana Desa Nglandung untuk Selokan, Upaya Tingkatkan Kualitas Hidup Warganya

by
Kepala Desa Nglandung, Drs Ahmad Pamuji, dan selokan yang dibangun menggunakan Dana Desa tahap pertama. (FOTO: S.RUD)

MADIUN, FaktaNusantara.com – Dana desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat melalui Kementerian Desa, tampaknya membawa manfaat yang tidak sedikit bagi masyarakat pedesaan, termasuk Desa Nglandung, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Betapa tidak, dengan DD tahap pertama, Pemeritah Desa (Pemdes) Ngladung, memanfaatkannya dengan membangun selokan dan pembuatan jembatan selokan.

Kepala Desa Nglandung, Drs Ahmad Pamuji mengatakan, satu demi satu infrastruktur di Desa Nglandung untuk selokan dan pembuatan jembatan selokan di RT 26 dan RT 27 sudah selesai 100 persen, sejak awal Mei 2018 lalu. “Alhamdulillah, pembangunannya sudah selesai. Untuk panjang selokan 12 meter dengan biaya Rp 69 Juta,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (31/5/2018).

Kades Pamuji menambahkan, 30 persen Dana Desa, diperuntukan bagi pemberdayaan masyarakat setempat. “Ya tentu, pemerintah terus memperhatikan dan menciptakan peluang atau program yang berpihak kepada rakyat untuk memujudkan kemakmuran,” kata Ahmad Pamuji.

Tiga puluh persen DD itu, lanjut Ahmad Pamuji, diperuntukan bagi pelibatan masyarakat sesuai dengan keterampilan mereka. Artinya, secara tidak langsung, dengan DD, sudah membantu menyiapkan lapangan kerja bagi warga.

Selain untuk selokan, kata Kades, dana desa juga untuk RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) atau bedah rumah sesuai dengan amanat peruntukan DD, dimana sebagian dialokasikan pemberdayaan, dan pembangunan infrastruktur.

“Kegiatan ini akan dilakukan untuk tahun ke tahun berikutnya. Pemdes Nglandung lebih banyak mengalokasikan dalam wujud material bahan bangunan. Sedangkan untuk tenaga kerja dilakukan pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, untuk DD tahap kedua, rencananya untuk pembangunan Jalan Poros Desa berupa hotmix di RT 01, 09, 11 dan 23 dengan volume 1000 meter lebih, dengan lebar 3 meter. (s.rud/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *