Cawagub Mbak Puti, Inginkan Proses Perijinan di Jombang Dipermudah

by
Puti Guntur Soekarno, Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut dua saat berada di salah satu pabrik sepatu di Bareng, Jombang. (FOTO: ELO)

JOMBANG, FaktaNusantara.com – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur, nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno, berkunjung ke sebuah pabrik sepatu yang terletak di Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jumat (13/4/2018).

Dalam kunjungannya, Mbak Puti berharap agar proses ijin untuk para pelaku industri dipermudah. Hal ini dilakukan agar lagi memudahkan para investor untuk berinvestasi di Jombang, sehingga terciptanya lapangan pekerjaan untuk masyarakat. “Untuk perizinan, nanti kita juga akan perhatikan,” ujar Puti.

Pantauan di lokasi, Cawagub Gus Ipul tersebut, melakukan dialog dengan pimpinan perusahaan PT Venezia Footwear. Termasuk berbincang dengan para pekerja, yang mayoritas perempuan.

“Tadi saat saya tanya soal bahan dasarnya dari mana, ternyata mereka masih impor. Di Jawa Timur ini masih belum ada teknologi untuk kulit yang belum bisa menyamai dari Cina ataupun Italia, misalnya,” kata Puti, pada sejumlah jurnalis.

Mbak Puti mengatakan, jika nantinya rakyat memberikan amanat kepadanya, maka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim kedepan, akan memfasilitasi kerjasama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dengan perusahan-perusahan besar seperti ini, untuk menciptakan perekonomian kerakyatan di Jawa Timur, sekaligus untuk mengatasi masalah bahan baku.

“Alangkah baiknya ketika kita ingin membangun perekonomian kerakyatan, ini bisa dikerjasamakan dengan UMKM yang ada di sekitar sini. Misalnya, kita sebagai pemerintah provinsi memfasilitasi mesinnya, atau dengan memanggil ahli-ahli yang bisa membuat kulit di Jawa Timur ini sesuai dengan stadarisasi untuk kualitas ekspor,” ungkapnya.

Menanggapi seringnya terjadi pengurangan karyawan pada perusahaan besar, Puti berpendapat, harus ada keseimbangan antara hak buruh dan hak pengusaha untuk mengantisipasi soal pengurangan karyawan yang belakangan ini sering terjadi.

“Ini soal regulasi. Regulasi itu sebenarnya ranahnya pemerintah pusat. Jadi, kita berdua ketika jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim akan selalu menjaga keseimbangan ini dan menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat soal regulasi, agar investasi yang dibuat disini tidak keluar,” pungkasnya.

Setelah melakukan kunjungan ke PT Venezia Footwear, cucu Presiden pertama tersebut, melanjutkan perjalanan menuju titik yang sudah dijadwalkan di sejumlah daerah di Kabupaten Jombang, termasuk menghadiri Rapat Kerja Cabang Khusus yang akan digelar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Selain itu, Puti juga dijadwalkan, membuka Posko pemenangan Gusti (Gus Ipul-Puti) di Denanyar, Kecamatan/Kabupaten Jombang. (elo/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *