BPS Kabupaten Tegal Gelar Evaluasi Pelaksanaan PODES 2018

by
Para petugas PODES 2018, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (FOTO: DAR)

TEGAL, FaktaNusantara.com – Pendataan Potensi Desa Tahun 2018 (PODES 2018) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sedang berlangsung. Sedikitnya, BPS menerjunkan 65 petugas yang mendata di 281 desa dan 6 kelurahan, dari tanggal 2 hingga 31 Mei 2018. Untuk mengetahui capaian pendataan tersebut, Jumat (11/5/2018), bertempat di Gedung Muslimat NU, BPS Kabupaten Tegal menggelar rapat evaluasi.

Dalam rapat yang dihadiri para petugas pendata PODES dan pengawas, pihak BPS Kabupaten Tegal yang diwakili oleh Kepala Seksi Statistik Sosial, Ratna Sari Dewi, kepada para petugas pendata meminta melaporkan progres perkembangan pendataan di lapangan.

Secara bergantian, para pencacah PODES dimintai laporan terkait jumlah desa yang telah dikunjungi atau telah dilakukan pendataan. Bukan hanya kepada pencacah tingkat desa, pendata tingkat kecamatan pun dimintai laporan progres pendataannya.

Selain itu, mereka juga menyampaikan kendala yang terjadi dalam pendataan di desa-desa. Kesulitan-kesulitan yang muncul dalam pencacahan atau wawancara dengan narasumber terkait yang berwenang dan relevan, termasuk dalam penelusuran dokumen desa/kelurahan, mereka kemukakan semua.

Diantara kendala dalam pendataan PODES, seperti disampaikan petugas pendata, yaitu ada sejumlah desa yang tidak bisa memberikan data yang valid dan ter-update. Misalnya, data jumlah penduduk dan keluarga per tanggal 1 Januari 2018 yang meliputi jumah penduduk laki-laki, jumlah penduduk perempuan, jumlah keluarga, dan jumlah keluarga pertanian. Mengenai hal ini ada desa yang mengaku tidak punya datanya. (dar/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *