Arus Mudik 2018, Dirlantas Polda Jatim: “Tol Soker Bisa Difungsikan H-10”

by
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Heri Wahono, saat berkunjung di proyek Tol Soker di Kecamatan Bandarkedung Mulyo, Kabupaten Jombang.

JOMBANG, FaktaNusantara.com – Jalan tol yang menghubungkan Solo – Kertosono (Soker), bakal bisa difungsikan pada arus mudik 2018, yakni H minus 10 (H-10) jelang Hari Raya Idul Fitri. Ini seperti dikatakan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Heri Wahono, saat berkunjung di proyek Tol Soker di Kecamatan Bandarkedung Mulyo, Kabupaten Jombang.

“Dua ruas jalan tol yang hari ini masih belum bisa dioperasionalkan, Insyallah nanti pada H-10 bisa difungsikan. Yaitu ruas jalan Mantingan hingga Ngawi, dan ruas jalan Wilangan – Kertosono yang saat ini kita berada,” ujar Kombes Pol Heri Wahono, Rabu (30/5/2018).

Hanya saja, jalur tol Soker yang akan difungsikan tersebut, diberlakukan satu jalur. Yakni dari arah Surabaya hingga ke barat menuju Solo. Sedangkan untuk waktunya, akan difungsikan mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB.

“Untuk ruas Tol Wilangan – Kertosono, akan menggunakan satu jalur. Malam hari tidak difungsikan karena tidak ada penerangan jalan. Bisa berbahaya,” ungkapnya.

Bersama rombongan, Dirlantas Polda Jatim yang didampingi beberapa pengelola Tol Soker dari Cina Road and Bridge Corporation (CRBC), langsung meninjau proses pembangunan Tol Soker dan mengecek progres dari jembatan Kali Konto.

Pada ruas jalan Tol Soker di Kecamatan Bandarkedungmulyo sepanjang 38 Kilometer ini, diketahui terdapat 3 sungai yang harus diperhatikan untuk persiapan arus mudik mendatang. Untuk itu, Dirlantas Polda Jatim sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan permasalahan jembatan di sungai Avur Besuk, Sungai Avur Mekiki, serta Kali Konto.

“Untuk jembatan, kita sudah berkoordinasi dengan PUPR dan pengelola. Diupayakan H-10 sudah bisa dipersiapkan,” paparnya.

Menurutnya, jika terdapat kendala pada pembangunan jembatan, dan belum terselesaikan hingga H-10 mendatang, maka akan menggunakan jembatan bailey untuk penyeberangan. “Kalaupun belum terselesaikan juga, akan kita siapkan jembatan bailey yang diperuntukkan melintasi jembatan-jembatan tersebut,” katanya. (el/rief)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *