ADD 2018 Cair, Pemdes Janti Mojoagung Alokasikan Untuk 8 Pos, Ini Rinciannya

by
Kades Siti Mahmudah (jilbab biru), bersama staf di Kantor Desa Janti, Kecamatan Mojoagung. (FOTO: ADI)

JOMBANG. FaktaNusantara.com – Pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Janti, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, sebesar Rp 169.412.000, diperuntukkan untuk Penghasilan Tetap (Siltap) dan Tunjangan, selama 5 bulan.

Selain dialokasikan untuk Siltap dan Tunjangan dari Bulan Januari hingga Mei 2018, ada 7 poin lain yang mendapat pos anggaran melalui ADD 2018 tersebut, yakni BOP, BPD, RT/RW, Majelis Ta’lim, Takmir Masjid, Penjaga makam dan PDRD.

“Benar, pencairan ADD tahun ini, kita alokasikan untuk Siltap dan Tunjangan bulan 1 hingga bulan 5. Selain itu, dialokasikan pada BOP, BPD, RT/RW, Majelis Ta’lim, Takmir Masjid, Penjaga makam dan PDRD,” terang Kepala Desa (Kades) Janti, Siti Mahmudah,, Senin (14/5/2018).

Mahmudah merinci, pembagian 8 pos anggaran dari ADD tersebut sesuai dengan Surat Permintaan Pencairan (SPP) No 400/256/415.05.12/2018 tentang Pencairan Alokasi Dana Desa, dan PDRD.

“Ya, jadi untuk alokasi dana desa yang saya gunakan sesuai dengan surat permintaan pencairan dana tersebut,” kata Kades Mahmudah.

Berdasarkan SPP tersebut, pihaknya merinci, untuk Siltap dan Tunjangan sebesar 65 persen, BOP 10 persen, BPD 5 persen, RT/RW 7 persen, Majelis Taklim 3 persen, Takmir Masjid sebesar 4,7 persen, Penjaga Makam 1,8 persen, dan PDRD sebesar 3,5 persen.

Pihaknya juga mengaku, jika pengalokasian pos-pos tersebut sengaja dipublikasikan, diharapkan Pemdes Janti transparan dalam penggunaan ADD, maupun dana lainnya. “Kita juga pasang ke beberapa titik-titik strategis di wilayah Desa. Harapan kita, masyarakat juga ikut mengawasi,” pungkasnya. (adi/fn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *